INDONESIA PEACE KEEPER IN DARFUR: whaaaaaat......???? DARFUR apaan tuuuh..... ????

INDONESIA peace keeper in Darfur

Rabu, 15 April 2009

whaaaaaat......???? DARFUR apaan tuuuh..... ????

GABUNG MISI UNAMID……….???? (Tulisan ini bukan berarti mewakili seluruh rekan-rekan yang bertugas di UNAMID walaupun subjek dari cerita ini menyebutkan “Kami”, akan tetapi ini Cuma sebuah cerita pengalaman yang dirasakan oleh salah seorang diantara Personel TNI yang ikut bergabung dalam misi UNAMID. Dan mungkin diantara kami ada yang memiliki pengalaman yang berbeda dari cerita ini, sory ya rekan2……..dengan harapan sebagai informasi buat siapa aja yang memerlukannya…Trims)
Tidak pernah terbersit sedikitpun bahwa suatu saat nanti kami semua bakalan punya kesempatan untuk bergabung dalam misi PBB khususnya di Darfur. Entahlah…….mungkin karena Tuhan dengan kemaha besaran dan Kemaha adilannya telah memberikan tabir yang menghalangi penglihatan setiap manusia akan masa depan…… tidak terkecuali kami semua, jangankan merasa yakin, membayangkan saja……??? Akh…rasanya tidak berani sedikitpun…!!!!!.bukan kami tidak PD (bukan Partai Demokrat loh… hehehe!!!!) Cuma keengganan untuk mendahului kehendak yang kuasa itulah yang menghalangi kami untuk meyakinkan diri bahwa kami bakalan bisa ikut bergabung dengan misi PBB nantinya. Akan tetapi seperjalanannya waktu, kesadaran akan pentingnya cita-cita dan angan-angan serta keyakinan bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama Tuhan YME masih beserta kita adalah “mutlak” sekali lagi “MUTLAK”......(kalau kepengen hidup itu tidak harus diselimuti perasaan bingung. kaya nonton film hantu pocong perawan………..antara takut ama geli bercampur jadi rujak……hehehe…tidak nyambung..!!!)
Seleksi merupakan proses wajib buat mengikuti misi PBB. Mulai dari test tahap I : yaitu test bahasa Inggris di mabes angkatan masing-masing. Dilanjutkan test tahap II, yaitu test Bahasa Inggris, Komputer / Internet juga Psykologi di Mabes TNI. Dan kami semua harus menunggu +/- 2 minggu untuk bisa tahu bahwa telah dinyatakan lulus dalam proses tersebut. Yah lumayan tegang dan bisa-bisa orang yang punya penyakit jantung jadi sembuh, karena ia tidak lagi merasakan sakit apa-apa setelah O2 tidak lagi diperlukannya….hehehe!!! (Simpulkan sendirilah yaaaaa….!!!)
Surat perintah untuk mengikuti Pembekalan di PMPP (Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian) dikeluarkan dengan mencantumkan nama-nama kita. Waktu 3 minggu pembekalan yang dilaksanakan cukup bermanfaat untuk bisa tahu kira-kira pekerjaan seorang Peace keeper khususnya MILOBS itu bagaimana. Namanya juga pembekalan, ya bekal itu bisa kita pakai buat “jaga-jaga” seandainya jadi ditugaskan ikut misi PBB. akan tetapi Tidak ada satupun dari kami semua yang punya gambaran tentang Darfur dimana nantinya kami ditugaskan, karena misi di Darfur dengan misinya yang bernama UNAMID adalah misi yang boleh dikatakan baru serta untuk pertama kalinya pada tahun 2008 TNI mengirimkan personelnya bergabung dalam misi tersebut.
Seperti apakah Tempatnya? Apa yang bisa dimakan?? Bagaimana dengan airnya?? Tidurnya dimana ?? siapa yang harus dihubungi?? Apa saja Barang yang harus dibawa?? itulah pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenak kami dan masih seribu pertanyaan lagi yang ada di kepala kami semua, pada saat Surat Perintah dari Panglima TNI menyebutkan nama kita masing-masing untuk bergabung dalam misi PBB di UNAMID.
Sungguh ayam yang kehilangan induknya itu masih lebih baik, karena ia tidak perlu mandi, memasak, tidurpun bisa dimana saja serta tidak harus mencari informasi siapa yang harus dihubungi karena dia Cuma anak ayam. Sedangkan kami membutuhkan semua itu karena kami bukan anak ayam…………..hehehe. (teu nyambung…….???)
Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka persiapan berangkat ke Misi ke Darfur, pada dasarnya hampir sama dengan misi-misi yang lain, dan dibawah ini adalah kegiatan yang kami laksanakan, yaitu :
1) Pemeriksaan kesehatan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriksa, apakah kesehatan personel yang akan diberangkatkan layak atau tidak. Karena sungguh akan menjadi permasalahan yang besar, seandainya personel tersebut memiliki permasalah kesehatan pada saat didaerah misi, apalagi jika PBB mengambil keputusan untuk melaksanakan repatriasi (dikembalikan kenegaranya)….wah nama bangsa dan Negara dipertruhkan disini nantinya. Pemeriksaan AIDS adalah salah satu diantaranya. Maka bagi personel yang suka “jajan” tentunya hal ini merupakan saat-saat yang mengangkan karena……????. (takut ketahuan tabiatnya…….hahaha)
2) Pembuatan passport dan pengurusan Visa. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang umum dilaksanakan kalau ada orang yang mau berangkat keluar negeri. (jadi tidak perlu saya bercerita banyak tentang hal ini …………..ok).
3) Vaksinasi. Nah vaksinasi adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan apabila akan berangkat ke luar negeri, karena kita tidak pernah tahu seandainya negara yang dituju sedang terjangkit suatu epidemic yang bisa membahayakan jiwa……..yaa…bisa berabe kan...??? beberapa jenis vaksin yang biasanya didapat antara lain : Meningitis, hepatitis, tetanus serta jenis vaksin lain yang kira2 diperlukan untuk menangkal kemungkinan penyakit yang berjangkit di Negara tujuan misi.
4) Pengurusan perlengkapan dan pengukuran baju seragam. Nah ini dia kegiatan yang paling disukai. Bagaimana tidak, banyak sekali materiil yang kita dapat yang mungkin belum pernah kita dapatkan sebelumnya…..hehehe. Hal yang dirasakan saat itu, seperti anak kecil yang baru saja mendapatkan baju baru dari orang tuanya disaat “lebaran”……wah….sungguh menyenangkan, ternyata perasaan anak kecil dengan kita sama saja….hehehe.
Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, maka tinggallah kami semua berfikir tentang kira-kira apa saja kebutuhan barang dan perlengkapan yang harus dibawa selama mengikuti misi?
Banyak hal yang ingin kita bawa pada saat itu………mungkin karena kerisauan yang disebabkan perasaan takut dalam menghadapi suasana dan situasi baru nantinya, karena mengikuti misi PBB merupakan pengalaman adalah pengalaman pertama. Dan terlebih misi ini merupakan misi ke luar negeri yang tentunya pengetahuan akan kondisi sebenarnya yang nanti dihadapi sangat minim.
(TO BE CONTINUED………………………………!!!!!)
OK, Bro…..kayanya tulisannya sampai disini dulu ntar pasti kita sambung lagi …. Karena kita mau inspeksi duluuuuuuuuuuuuuuuuu…………… !!!!!!!


Bravo TNI
ANYTIME & ANYWHERE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar kami butuhkan demi kepentingan bersama dan selayaknya komentar bisa dipertanggung jawabkan serta bersifat membangun. hal-hal yang berbau prnografi tidak kami harapkan.
terima kasih.