INDONESIA PEACE KEEPER IN DARFUR: DISINILAH KONTINGEN NEGARA-NEGARA DIPUTUSKAN BAYARANNYA!!!

INDONESIA peace keeper in Darfur

Kamis, 02 April 2009

DISINILAH KONTINGEN NEGARA-NEGARA DIPUTUSKAN BAYARANNYA!!!

CONTINGENT OWNED EQUIPMENT SECTION
( COE )

Tulisan ini ngak mesti bener 100%. Tapi agak nyerempet-nyerempet dikit lah…!!!! ngak tau berapa persennya yang nyerempet. Cuma yang jelas ini hanya gambaran besar aja tugas salah satu unit kerja PBB di UNAMID yang kebetulan salah seorang Staff Officer Indonesia ikut bergabung dalam unit ini. Gini ceritanya ………..:

PBB kalo mau gelar misinya bakalan didukung ama Negara-negara anggota yang kepengen ngasih kontribusi didalamnya (partisipasi maksudnya biar ngak dibilang ngak cinta perdamaian gitu….!!!). Prosedur pengiriman kontingen kudu ditempuh secara benar kalo kepengen dapetin penggantian (Reimburshment System). Kalo prosedur itu ngak dilaksanain….. yaaaa………. bisa gigit jari tuh Negara yang ngirimin kontingennya. Gimana ngak……..orang PBB juga ngak akan pernah mau ganti kalo perlengkapan yang dibawa ngak sesuai ama yang diharapkan……….masa mentang-mentang tempatnya di padang pasir yang dibawa kuda ama onta, yaaaa….ngak mungkin lah walaupun kendaraan tersebut bisa dipake buat ngangkut-ngangkut….hehehe!!!!.

Berkaitan ama itu, jadinya PBB mesti buat system atau aturan supaya ngak ada Negara-negara yang nyoba-nyoba ngakalin buat nyari duitnya aja dari PBB, tapi materiil yang dibawa ngak sesuai buat operasional dilapangan. Nah materiil yang dibawa itu dinamain Contingent Owned Equipment ( COE ) dan aturannya juga dinamain COE Manual. jadi PBB itu nyewa barang-barang punya Negara contributor dan dibayar setiap bulannya. Tapi jangan salah aturannya itu ketat banget loh…….pokoknya semuanya ada standard nya…..sampe-sampe perlengkapan hiburan aja mesti disiapin termasuk buat perorangan (Welfare equipment), contohnya tiap orang mesti dapetin fasilitas nelepon ama keluarganya minimal seminggu sekali walaupun Cuma 5 menit…..tapi kan lumayan kalo dikumpulin mah.....2 bulan dikumpulin aja bisa dapet 40 menit…..kan lumayan tuh… Cuma ngak bisa di cairin hehehe…!!!

COE section merupakan tangan kanannya PBB buat ngecek ama meriksa materiil kontingen Negara-negara di lapangan (didaerah misi). Ini dia tugasnya COE section…..:

1. ARRIVAL INSPECTION. Inspeksi yang dilaksanain kalo materiil dari kontingen udah nyampe seluruhnya di daerah misi. Kalo belum nyampe maka PBB ngak akan pernah ngasih duit buat Negara contributor sampe bener-bener perlengkapannya nyampe semua……makanya mereka harus cepet-cepet kalo pingin cepet dikasih duit ama PBB.

2. OPERATIONAL READINESS INSPECTION. Inspeksi yang dilaksanain buat ngecek apa materiil itu selama ini dipake apa ngak atau ngecek apa ada yang rusak….karena mesti minimal 90% materiil tersebut harus operasional……PBB takut kalo-kalo ada kontingen yang buat laporan palsu klo dia udah beroperasi selama ini ……. Padahal kontingen ini ngak pernah ngapa-ngapain. Pernah suatu hari pas tim COE ngadain inspeksi ada satu kontingen yang diperiksa materiil nya, salah satunya kendaraan jeep. Pas dicek luarnya bagus ama bersih banget……..tapi begitu di cek ternyata ngak ada mesinnya…….!!!! Emang kadang-kadang suka aneh orang-orang ini buat ngakalin aturan….hehehe!!!! dikiranya kalo ngak ada mesin bisa diakalin pake kuda….kaya delman maksudnya….hahaha….!!!!.


3. REPATRIATION INSPECTION. Kalo ini nih inspeksi yang dilaksanain kalo ada kontingen yang mau balik kenegaranya. Maksudnya jangan sampe ada barang-barang milik PBB yang ikut dibawa balik juga. Ternyata PBB juga ngantisipasi penyakit “kleptomania” yang kemungkinan banyak diderita di dunia ini…….hahaha.....!!!! (bo’ong bro….Cuma guyon ko’)


Nah kira-kira gitulah ceritanya kerjaannya COE section. Kesimpulannya COE section ini punya wewenang ama tugas mastiin kalo semua kontingen diperlengkapi sesuai ama standard PBB, jadi punya pengaruh cukup gede buat nentuin apakah Negara contributor berhak dapetin duit penggantian apa ngak dari PBB. Kira-kira tugasnya kaya BPK kali yaaaa….??? Ah….saya juga ngak tau banyak ko….ama BPK…hehehe.

Ok…. bravo "TNI" dimanapun dan sampai kapanpun……!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar kami butuhkan demi kepentingan bersama dan selayaknya komentar bisa dipertanggung jawabkan serta bersifat membangun. hal-hal yang berbau prnografi tidak kami harapkan.
terima kasih.